Pengantar Bisnis #3

BAB I
PENDAHULUAN
I.1             Latar Belakang
                 Perusahaan merupakan bagian dalam suatu bisnis. Hampir setiap pejalan bisnis membangun perusahaan baik dari perusahaan yang memliki level kecil hingga besar. Perusahaan terdapat berbagai macam. Salah satunya adalah perusahaan startup yang mampu menjalankan roda perekonomian di Indonesia.
                 Tidak dapat dipungkiri lagi membangun sebuah perusahaan adalah idaman khalayak umum. Banyak orang yang bercita-cita untuk menjadi pengusaha dala suatu perusahaan besar. Sehingga dapat meningkatkan taraf ekonomi dan status social secara tidak langsung.
I.2             Rumusan Masalah
1.      Apa itu perusahaan ?
2.      Dimana tempat kedudukan dan letak perusahaan?
3.      Apa saja jenis-jenis perusahaan dan lembaga social?
4.      Apa itu perusahaan startup?
5.      Mengapa banyak perusahaan startup di Indonesia?
6.      Berikan satu contoh perusahaan startup di Indonesia?
I.3             Tujuan Penulis
1.      Untuk mengetahui pengertian perusahaan
2.      Untuk mnegetahui tempat kedudukan dan letak perusahaan
3.      Untuk mengetahui jenis-jenis perusahaan dan lembaga sosial
4.      Untuk mengetahui pengertian perusahaan startup
5.      Untuk mengetahui penyebab banyaknya perusahaan startup di Indonesia
6.      Untuk mengetahui contoh perusahaan startup


BAB II
PEMBAHASAN
II.1           Pengertian Perusahaan
Perusahaan merupakan tempat dimana terdapat aktivitas produksi, manajerial dan pemasaran. Perusahaan memanfaatkan sumber daya manusia (SDM) sebagai input dan produk penjualan sebagai output. Perusahaan sendiri merupakan organisasi yang didirikan oleh seseorang atau sekelompok orang atau badan lain yang kegiatannya melakukan produksi dan distribusi guna memenuhi kebutuhan ekonomis manusia.
II.2           Tempat Kedudukan dan Letak Perusahaan
1.      Tempat Kedudukan Perusahaan
Tempat kedudukan perusahaan adalah kantor pusat perusahaan tersebut. Tempat kedudukan perusahaan pada umumnya dipengaruhi faktor kelancaran hubungan dengan lembaga-lembaga lain, seperti lembaga pemerintahan, lembaga keuangan, pelanggan dan sebagainya.
2.      Letak Perusahaan
Tempat perusahaan melakukan suatu kegiatan ekonomi. Letak perusahaan bisa dikatakan sebagai kediaman perusahaan tersebut. Letak perusahaan biasanya dipengaruhi oleh berbagai macam faktor yaitu harga bahan mentah, tingkat Upah Minimun Regional, tanah, pajak, tingkat bunga dan biaya alat produksi..
II.3           Jenis-jenis Perusahaan dan Lembaga Sosial
1.              Jenis perusahaan berdasarkan lapangan usaha:
ü  Perusahaan ekstraktif adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang pengambilan kekayaan alam
ü  Perusahaan agraris adalah perusahaan yang bekerja dengan cara mengolah lahan/ladang
ü  Perusahaan industri adalah perusahaan yang menghasilkan barang mentah dan setengah jadi menjadi barang jadi atau meningkatkan nilai gunanya
ü  Perusahaan perdagangan adalah perusahaan yang bergerak dalam hal perdagangan
ü  Perusahaan jasa adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa
2.               Jenis perusahaan berdasarkan kepemilikan:
ü  Perusahaan negara adalah perusahaan yang didirikan dan dimodali oleh negara
ü  Perusahaan koperasi adalah perusahaan yang didirikan dan dimodali oleh anggotanya
ü  Perusahaan swasta adalah perusahaan yang didirikan dan dimodali oleh sekelompok orang dari luar perusahaan
            II.4                  Perusahaan Startup
Perusahaan statrtup merupakan perusahaan yang baru berjalan atau perusahaan yang baru dirintis. Perusahaan ini juga biasanya memliki basis dalam bidang teknologi dan web. Perusahaan ini banyak dikembangakan di manca Negara untuk menopang jalanannya roda perekonomian. Perusahaan ini dikenal mulai abad ke-20. Perusahaan statrtup sendiri biasanya baru berjalan kurang dari 3 tahun.
                                    II.5                  Penyebab Perusahaan Statrup Berkembang Pesat di Indonesia
Indonesia merupakan pemakai internet tertinggi, hal ini menunjang dengan tujuan pembuatan suatu perusahaan startup yang berbasis internet. Pada tahun 2016 ini, Indonesia memiliki jumlah startup tertinggi se-Asia Tenggara dengan total sekitar 2000 startup. Pertumbuhan ini juga diprediksi akan terus meningkat hingga 6,5 kali lipat pada tahun 2020. Berdasarkan hasil riset badan Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia, pada tahun 2014 pengguna internet di Indonesia kini mencapai angka 88,1 juta jiwa dengan menempati urutan ke-4 dunia.
II.6                  HijUp Perusahaan Startup di Indonesia
Toko online khusus busana muslim di Indonesia, HijUp, sepertinya cukup pesat berkembang dibandingkan yang lain. Pada 2015, mereka berhasil mendapat pendanaan dari dua ronde yang berbeda, salah satunya memberikan pendanaan lebih dari $1 juta (sekitar Rp13,5 milyar).
HijUp menyediakan lebih dari 200 toko busana muslim, dan mengklaim bahwa dalam waktu dekat akan berekspansi secara global. Beberapa kompetitor mereka di antaranya adalah Hijabenka dan Saqina.
Busana muslim diprediksi akan mengambil 11,2 persen dari total belanja fashion global dalam tiga tahun ke depan menurut laporan dari Thompson Reuters dan Bidang Perdagangan dan Industri Dubai. Beberapa tahun terakhir ini, kaum muslim menghabiskan $224 miliar (sekitar Rp3.021 triliun) untuk urusan busana. Hal tersebut menjadikan HijUp sebagai peluang besar yang dinantikan para investor.







BAB III
PENUTUP
III.1          Kesimpulan
                 Banyak perusahaan masa kini yang tidak monoton bahkan mereka menggunakan media internet sebagai bahan komunikasi antara perusahaan dan konsumen. Selain itu di Indonesia sendiri banyak berdiri perusahaan startup mereka menggunakan momen dimana masyarakrat Indonesia sebagai pemakai internet tertinggi ke-4 di dunia. Perusahaan sendiri bertujuan untuk mendapatkan laba setinggi mungkin.

REFERENSI



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sistem Perekonomian

Revolusi Industrialisasi